Agrowisata Strawberry Serang

Satu wisata alternatif di daerah Purbalingga yang tidak boleh anda lewatkan adalah sajian agrowisata strawberry di daerah Karangreja. Daerah ini terletak di lereng gunung Slamet dengan hawa yang sejuk dan pemandangan alam yang indah. Lokasi ini terletak di atas Goa Lawa kalau dari arah Pemalang atau dari Purbalingga lewat Bobotsari.

Namun kalau dari Purbalingga disarankan lewat jalur yang lebih singkat lagi yakni lewat pertigaan Serayu sebelum Bobotsari untuk berbelok ke kiri dan langsung menuju ke Karangreja. Jarak dari Purbalingga sekitar 25 kilometer menggunakan jalan aspal hotmix tetapi sempit. Jalur berbelak belok dengan pemandangan desa yang indah. Di tengah perjalanan nanti akan melewati hutan pinus yang tertata asri dan dapat digunakan untuk tempat pemberhentian juga guna menikmati pemandangan. Dari sini masih berjarak sekitar 3 kilometer lagi sebelum akhirnya sampai di Karangreja, tempat agrowisata strawberry ini.

Lokasi tepatnya adalah terletak di desa Serang dan Kutabawa. Kutabawa juga merupakan desa terakhir sebagai home base bagi para pendaki sebelum naik ke gunung Slamet. Lokasi ini terletak pada ketinggian sekitar 1400 meter di atas permukaan laut, dengan demikian sudah berada daerah dataran tinggi dengan iklim pegunungan yang sejuk dan menyegarkan.


Agrowisata Strawbery ini merupakan kawasan obyek wisata potensial yang berbasis masyarakat. Kebun strawberry yang ada dikelola langsung oleh masyarakat. Di sana pengunjung dapat masuk ke kebun-kebun yang ada. Di lokasi ini umumnya masih bersifat tradisional, artinya pengunjung dipersilakan masuk ke kebun strawberry untuk melihat tanaman yang sedang dibudidayakan.

Di dalam kebun, sebenarnya pengunjung dapat memetik sendiri buah yang ada. Namun tidak disarankan untuk dimakan langsung melainkan harus dicuci terlebih dahulu. Jadi pengunjung dapat membawa keranjang plastik untuk menampung buah yang diinginkan untuk selanjutnya ditimbang dan dicuci bersih. Selanjutnya pengunjung juga ditawarkan untuk membeli buah strawbery segar yang sudah dipetik lainnya atau produk olahan dari buah strawberry ini. Setiap pekebun kadang memiliki persediaan buah strawberry dari kebun lain. Jadi kalau kebun yang didatangi pengunjung sedang belum banyak berbuah, pengunjung masih dapat berkesempatan menikmati buah strawberry segar ini.

Buah strawbery dijual per kilo, namun sebagian besar dijual per kemasan plastik yang berisikan buah strawberry sebanyak 20 buah. Buah yang dikemas ini telah dipotong dari daun dan telah dibersihkan sehingga siap untuk dimakan. Harga buah strawberry di sini kadang relatif tidak jauh berbeda dengan harga yang dipasarkan di supermarket, namun di sini pengunjung dapat keistimewaan dengan melihat atau memetik sendiri buah yang diinginkan.

Saat ini buah strawberry juga telah dapat diolah menjadi jenang dodol strawberry dan minuman segar jus buah strawberry. Produk seperti ini cocok untuk dibeli dalam jumlah banyak dan digunakan sebagai oleh-oleh keluarga dan handai tolan lainnya.

Selain kebun strawberry, pengunjung juga dimanjakan dengan keberadaan kebun sayur mayur lainnya. Seperti diketahui bahwa daerah ini juga merupakan pemasok bahan sayur mayur bagi daerah Banyumas dan sekitarnya termasuk ke daerah pantura sekitar Tegal dan Pekalongan. Beberapa jenis sayur seperti tomat, kentang, lombok, kol, daun muncang, sawi, welok / jipang dan lain-lain tersedia di sini. Di kebun ini pengunjung dapat melihat suasana kebun sayur dan diperbolehkan memetik sendiri sayur yang diinginkan untuk dibawa pulang. Harga sayur di sini jelas jauh lebih murah kalau dibandingkan dengan harga di pasar.

Meluangkan waktu di lokasi ini dapat berlangsung lama. Tiga jam juga sudah cukup untuk berjalan-jalan di lingkungan kebun yang sangat asri. Selain itu keramahan penduduk juga membuat kita betah di daerah sana. Tetapi jika diinginkan lebih lama lagi menikmati suasana yang ada atau ingin menghabiskan waktu liburan maka di lokasi ini juga tersedia beberapa rumah yang dapat disewa.

Di beberapa halaman rumah penduduk sering terlihat banyak pohon bunga beraneka warna yang khas daerah pegunungan. Bunga yang paling menarik perhatian antara lain bunga kecubung dan bunga dahlia. Selain itu masih banyak bunga perdu yang khas seperti bunga tigawarna, bunga semak berwarna merah, gladiol dan aneka jenis bunga lainnya.

Bunga kecubung merupakan bunga dari tanaman kecubung dengan ketinggian sekitar 1-2 meter. Bunga yang berwarna jingga muda ini banyak terlihat menggantung di tangkai pohon. Bagi orang tertentu sering memanfaatkan biji kecubung ini untuk disalahgunakan sebagai bahan yang bersifat halusinogenik. Hanya memang dosisnya rendah sehingga tidak banyak yang melakukannya.

Bunga lain yang menarik adalah bunga dahlia. Bunga ini sangat banyak jenisnya ada yang tumpuk ada yang tunggal, ada yang berukuran kecil ada yang besar. Warna bunga dahlia juga beraneka macam seperti putih, merah, biru, kuning, ungu, pink dan lain-lain. Bunga ini sebenarnya mudah diperbanyak dengan menggunakan umbi akarnya, namun hanya bisa tumbuh kalau ditanam di daerah dengan ketinggian di atas 1000 meter dan daerah berhawa dingin saja.

Demikian sekilas informasi daerah obyek agrowisata di daerah Karangreja Purbalingga. Jika anda bosan dengan suasana kota dan ingin merasakan refreshing bersama keluarga, tidak ada salahnya berkunjung ke lokasi ini.

1 komentar:

Posting Komentar